Surau TV

Banner

Wabup: Di 2018,Penguatan Sida Tingkatkan Kinerja Birokrasi-Otonomi Desa

Image
Friday, 20 April 2018 | 06:09:56 WIB


PANGKALAN KERINCI (nusapos.com)-Kamis (19/4/2018) Wabup Pelalawan Drs Zardewan MM disela sambutannya saat buka acara rapat koordinasi Sistem Inovasi Daerah (Sida) Kabupaten Pelalawan digelar diaula kantor Bappeda Pelalawan mengaku bahwa kerangka strategis roadmap penguatan Sida Pelalawan tahun ini dengan meningkatkan kinerja birokrasi dan otonomi desa. Karena penguatan Sida sebagai salah satu misi pembangunan di Pelalawan. Menurut Wabup, kedepan arah pembangunan di Pelalawan tidak boleh tergantung pada penggunaan sumber daya alam semata tapi harus bergeser pada pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (Iptekin).

"Sebagai upaya kearah iptekin itu, kita sudah mulai dengan merevisi dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pelalawan 2016-2021.Direvisi dokumen RPJMD itu,mencantumkan Sida sebagai salah satu misi pembangunan Pelalawan kedepannya,"tegas Zardewan Mantan Sekda Pelalawan.

Untuk itu,terang Wapup lebih lanjut menjelaskan bahwa pada tahun ini terkait misi kelima kerangka strategis roadmap penguatan Sida Pelalawan dengan melakukan peningkatan kinerja birokrasi dikalangan aparatur negara dilingkup Pemkab Pelalawan."Kemudian akan dilakukan peningkatan dan mewujudkan otonomi desa dengan sasaran bertambahnya jumlah desa mandiri di Pelalawan,"tutur Wabup Pelalawan.

Dilakukan penguatan dan pengembangan sistem inovasi sebagai salah satu pendekatan yang digunakan sebut Wabup, untuk mempercepat peningkatan kualitas pencapaian berbagai target pembangunan Di Kabupaten Pelalawan."Pengembangan Sida dilakukan sebagai salah satu strategi utama dalam sistem inovasi nasional yang mewadahi peran interaksi antar komponen pengembangan sistem inovasi.Sehingga dalam melaksanakan penguatan pengembangan Sida diperlukan komitmen, dan konsisten sebagai bentuk kesungguhan dari seluruh jajaran birokrasi bersama legislatif di Pelalawan,"tukas Zardewan.

Sementara Direktur Pusat Teknologi kawasan Spesifik dan Sistem Inovasi BPPT Pusat Dr Ir Iwan Sudrajat M.SE dihadapan peserta acara rakor Sida Pelalawan  mengatakan sekarang Pemkab Pelalawan menjadi perencanaan pembangunan dan pengembangan penguatan Sida  terbaik di Riau.Sehingga Kabupaten Pelalawan bisa menjadi tempat study banding oleh daerah kabupaten/kota di Riau karena bagusnya sistem perencanaan pembangunannya dilakukan selama ini ditambah bagusnya pengembangan penguatan Sida.

"Dengan banyak prestasi disandang, Pelalawan jangan sampai terlena justru terus ditingkatkan lebih baik lagi kedepannya,"pinta Iwan Sudrajat saat jadi Nara sumber diacara Rakor Penguatan Pengembangan Sida Pelalawan. acara rakor Sida Pelalawan tadi itu selain dihadiri Wabup Pelalawan juga dihadiri para kepala Dinas, kepala Badan dan kepala Kantor serta seluruh camat dilingkup Pemkab Pelalawan,3 Nara Sumber dari BPPT Pusat yaitu Deputi Kepala BPPT bidang PKT Dr Ir Gatot Dwiyanto M.Eng,Direktur Pusat teknologi kawasan spesifik dan sistem inovasi BPPT Dr Ir Iwan Sudrajat M.SEE, Pejabat fungsional Perekayasa ahli madya BPPT Ir Atang Sulaeman M.Si,Sekda Pelalawan Tengku Mukhlis,Kepala Bappeda Pelalawan Drs M Syahrul Syarif M.Si,Kepala Balitbang Pelalawan Ir Arizal M.Si dan para Undangan lainnya.

Sumber : -

Laporan : Suhemri Hasan

Editor : Red

loading...