Surau TV

Banner

Kondisi Gedung Lembaga Adat Melayu Pelalawan Memprihatinkan

Tak Terawat, Gedung Lembaga Adat Melayu Pelalawan Ditumbuhi Rumput dan Ilalang

Image
Sunday, 08 April 2018 | 22:30:46 WIB


Pelalawan(nusapos.com) - Gedung Lembaga Adat Pelalawan saat ini kondisinya seperti tak terawat. Bangunan megah tersebut diduga tak pernah lagi digunakan sebagai tempat acara-acara adat Melayu di Kabupaten Pelalawan karena dilihat dari halamannya seperti tidak terurus sama sekali. Di sekeliling gedung sudah ditumbuhi rumput dan ilalang. 

Pantauan media ini di lapangan, Rabu (4/4/2018) lalu, bangunan gedung lembaga adat Melayu Pelalawan terlihat sangat memprihatinkan, seolah-olah tak ada pihak-pihak terkait yang peduli untuk merawat dan memeliharanya apalagi mempergunakannya sebagai pusat kegiatan peningkatan dan pengembangan pembangunan adat istiadat Melayu di Negeri Seiya Sekata itu.

Sekretaris Dinas Budparpora Pelalawan, Muktarius M.Pd melalui ponselnya, Jum'at (6/4/2018) mengakui bahwa rumput dan ilalang yang tumbuh belum dibabat petugas jaga yang tinggal di gedung tersebut sudah empat bulan lamanya, lantaran dana untuk biaya perawatan gedung belum bisa cair.

“Sekarang apakah sudah bisa dicairkan dana pemeliharaan atau belum, coba tanyakan sama Pak Kadis langsung. Kalau Ali Yunir itu bagian penanganan pengadaan sarana prasarana di Disbudparpora," ungkap Muktarius yang juga Ketua Lembaga Adat Petalangan Pelalawan ini seraya berjanji akan mempertemukan pihak media dengan Kadisparpora Kabupaten Pelalawan.

Muktarius juga mengatakan, bahwa di gedung adat selama ini sudah ada orang menjaganya. Namun fakta di lapangan, jika sudah ada orang yang ditunjuk untuk menjaganya selama ini, tentu rumput dan ilalang yang tumbuh di sekeliling gedung adat tersebut tidak akan sampai menjulang tinggi hingga mencapai 3-4 meter dan tentu sudah dibabat oleh petugasnya.

Sumber : -

Laporan : Suhemri Hasan

Editor : Red

loading...