Surau TV

Banner

Pemkab Pelalawan-Lembaga Administrasi Negara Teken MOU

Bappeda Gelar Pembekalan Laboratorium INAGARA

Image
Friday, 22 December 2017 | 08:13:21 WIB


PANGKALANKERINCI (nusapos.com)-Pada hari Rabu (19/12/2017) kemarin di Gedung Lembaga Administrasi Negara Jalan Veteran Jakarta, Pemkab Pelalawan teken MOU kerjasama dengan lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.Pasca teken  MOU kerjasama tersebut, Pemkab Pelalawan kedepan ini akan menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yang dijadikan laboratorium pengembangan Inovasi Administrasi Negara  (INAGARA) di Indonesia. Untuk persiapan itu, Bappeda Pelalawan langsung menggelar pembekalan selama dua hari yang dibuka Asisten II pemkab Pelalawan Drs Atmonadi MM.

Bupati Pelalawan HM Harris diwakili Asisten II Pemkab Pellaawan Drs Atmonadi dalam sambutanya dihadapan peserta yang hadiri diacara pembekalan persiapan pasca teken MOU kerjasama dengan LAN RI menyatakan bahwa beroriantasi pada pencapauian visi pembangunan kabupaten Pelalawan tahun 2011- 2016 yakni pembaharuan menuju kemandirian pemerintah dan masyarakat Pelalawan sehingga Pemkab Pelalawan melaksanakan pembangunan dengan pendekatan penguatan 5 sistem inovasi.”Kelima sistem inovasi itu yaitu berkembangnya ekosistem kreatifitas keinovasian daerah,berkembangnya klaster industri unggulan daerah berwawasan lingkungan, terwujudnya kawasan teknopolitan Pelalawan hijau,berkembangnya bisnis dan industri inovatif dan meningkatnya pemenuhan air bersih,energi bersih,transportasi dan teknologi informasi telekomuniskasi,”üjar Asisten II Pemkab Pelalawan.    

Pada tahun priode 2016-2021 kedepan ini, sebut Atminadi, yang menjadi visi pembangunan dikabupaten Pelalawan lebih mempertajam yang secara eksplisit mengedepankan inovasi sebagai kunci keberhasilan pembangunan sebelumnya.Visi pembangunan dimaksud yaitu Inovasi menuju Pelalawan emas (Ekonomi Mandiri,Aman dan Sejahtera).”Hal itu bermakna bahwa pembangunan didorong upaya, gerak dan prakarsa inovatif menuju Kabupaten Pelalawan yang mandiri dalam ekonomi,aman dan sejahtera dalam kehidupan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Pelalawan,”terangnya.     Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Drs Muhammad Syahrul Syarief,M.Si kemarin  kepada media mengaku  penandatanganan Kerjasama tersebut telah disepakati terkait kajian kebijakan pemerintahan, peningkatan dan pengembangan kapasitas, inovasi administrasi Negara dan Pendidikan Tinggi. Dengan menjadi  salah satu poin dari MoU di Nota Kesepahaman yang ditandatangani Bupati Pelalawan dan Kepala LAN secara otomatis telah menjadikan  Pemkab  Pelalawan sebagai Laboratorium Pengembangan INAGARA,’’tutur Kepala Bappeda Pelalawan

Ditegaskan M Syahrul,  sebagai bentuk untuk mempersiapkan Pemkab Pelalawan jadi laboratorium pengembangan INAGARA  dari  tindak lanjut penandatangan Nota Kesepahaman kemarin tersebut,pihaknya selama dua hari yaitu Kamis-Jumat  (21- 22/12) langsung menggelar  pembekalan untuk persiapan Laboratorium INAGARA pada tahapan drum up dan diagnosa bagi se;uruh perangkat daerah dan seluruh perwakilan kecamatan dilingkup Pemkab Pelalawan. ‘’Acara pembekalan kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Tim  Ahli dari LAN untuk memberikan pembekalan selama dua pada seluruh Perangkat Daerah termasuk Kecamatan. Sedang yang juga kami iundang pada acara pembekalan ini dari pihak legislatif yang tujuannya supaya setiap kebijakan pengembangan inovasi adminsitrasi negara dilakukan Pemkab mendapat dukungan dari DPRD Pelalawan,’’tegas M Syahrul.

Bahkan Ketua LAN RI Dr. Adi Suryanto M.Si sendiri sebut Kepala Bappeda  mengaku siap mendukung Pemkab Pelalawan dalam peningkatan kapasitas pemerintahan dan siap mendukung menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai salah satu laboratorium pengembangan inovasi administrasi negara  (INAGARA) di Indonesia dan Kabupaten Pelalawan hanya sebagai satu-satunya Daerah di Riau yang didampingi LAN RI. “Pemkab Pelalawan dalam peningkatan kapasitas pemerintahan dan siap mendukung menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai salah satu laboratorium pengembangan inovasi administrasi negara  (INAGARA) di Indonesia sangat duidukung Ketua LAN RI saat teken MOU kerjasama tersebut,”tukasnya.

Sumber : -

Laporan : suhemri hasan

Editor : Red

loading...