Surau TV

Banner

Bupati Minta BUMD Tuah Sekata Tingkatkan Kemampuan Daya Saing

Image
Monday, 18 September 2017 | 19:30:59 WIB


PELALAWAN - Guna memajukan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka perlu adanya upaya peningkatan terhadap usaha pelayanan bagi kemanfaatan umum. Untuk itu, maka disinilah letak peran strateginya BUMD Tuah Sekata Pelalawan. Selain BUMD sebagai upaya Pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang belum mampu dipenuhi oleh unit Pemerintah dan swasta, BUMD juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) sebagai sumber pendapatan bagi pembangunan Pemkab Pelalawan.

" Ya, saya minta agar BUMD Tuah Sekata Pelalawan dapat menjadi perusahaan daerah yang sehat dan memberikan kontribusi positif bagi daerah serta masyarakat kabupaten Pelalawan," ujar Bupati Pelalawan HM Harris, Minggu (17/9) di pangkalankerinci.

Katanya, BUMD juga diharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat. Namun demikian, hal tersebut bisa terwujudkan jika BUMD tumbuh dan berkembang sebagai unit usaha yang sehat dan dikelola dengan prinsip menejemen bisnis yang efektif dan efesien, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain baik lokal maupun nasional. Sedangkan kemampuan bersaing tersebut hanya dapat dilakukan dengan melakukan pekerjaan secara profesional yang memiliki orientasi kedepan.

" Dan dengan komitmen ini, maka stigma masyarakat bahwa perusahaan plat merah hanya mampu menghabiskan anggaran, lamban dan lebih banyak rugi daripada untung, dapat kita tepis," sebutnya.

Lanjutnya, pada awalnya BUMD Tuah Sekata Pelalawan hanya merupakan penyalur arus listrik kepada masyarakat yang dibeli dari PT Riau Pulp And Paper (RAPP). Namun, guna mewujudkan visi dan misi Pemkab Pelalawan yakni Inovasi Menuju Pelalawan EMAS, maka saat ini BUMD Tuah Sekata Pelalawan tidak lag hanya sebagai penyalur, melainkan menjadi penghasil arus listrik yang didistribusikan melalui PT PLN kepada masyarakat.

" Dan melalui PT Langgam Power, maka perusahaan Konsorsium antara PT Navigath Energi dan BUMD Tuah Sekata Pelalawan, telah dibangun PLTMG dengan kapasitas terpasang 50 MW. Dengan demikian, maka diharapkan dapat mampu menaikkan rasio elektrifikasi menjadi 100 persen pada tahun 2021 mendatang. Dan saya yakin, jika hal ini didukung oleh semua pihak, maka kita sangat yakin akan mampu mendorong BUMD Tuah Sekata menjadi perusahaan yang berperan besar bagi kemajuan Negeri Seiya Sekata ini. Jadi, mari sama-sama kita dukung seluruh program yang telah dan akan dilaksanakan Pemkab Pelalawan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Negeri Seiya Sekata ini," tuturnya.

Sementara itu, Dirut BUMD Tuah Sekata Pelalawan Sanusi Arianto SE MM menambahkan, dirinya menargetkan kedepan persentase pemadaman listrik melalui jaringan BUMD Tuah Sekata akan dapat diminimalisir sekecil mungkin.

" Selain itu, kita juga berencana untuk membuat bisnis baru yakni penggemukan hewan ternak jenis sapi dan industri pakan. Pasalnya, dengan potensi yang dimiliki kabupaten Pelalawan seperti pakan berupa dedak, jagung, beras dan sawit dinegeri Bono ini khususnya dikecamatan Kuala Kampar, maka tentunya akan dapat meningkatkan PAD Pelalawan,"jelasnya. 

"Namun demikian, bisnis baru ini tentunya memerlukan biaya. Untuk itu, maka baru-baru ini kita dari BUMD Tuah Sekata Pelalawan telah mengusulkan anggaran kepada Pemkab dan DPRD Pelalawan sebesar Rp 10 Milyar. Harapan kita anggaran yang kita usulkan dan ajukan kepada Pemkab dan DPRD Pelalawan ini dapat dikabulkan untuk meningkatkan kemajuan pembangunan kabupaten Pelalawan tercinta ini, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dengan maksimal," pungkasnya. (MC Riau)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...