Surau TV

Banner

Riau Peringkat ke-16 dan Melebihi Indeks Kebahagiaan Nasional

Image
Sunday, 10 September 2017 | 09:35:59 WIB


PEKANBARU - Indeks kebahagiaan penduduk Provinsi Riau berada diposisi sedang, yaitu peringkat ke-16 dari 34 provinsi di Indonesia. Artinya, warga di Riau cukup bahagia dan tidak terlalu "menderita".

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Aden Gultom mencatat secara regional, Provinsi Riau memiliki indeks kebahagiaan dengan 71,89 poin. Bahkan, Riau berada di atas tiga tingkatan dari posisi ibu kota negara, yaitu DKI Jakarta yang hanya memiliki 71,33 poin.

Dari 34 provinsi itu juga, terdapat 24 provinsi yang memiliki nilai indeks kebahagiaan di atas angka Nasional 70,69 poin. Adapun tiga provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi adalah Maluku Utara  dengan 75,68 poin dan terendah adalah Papua dengan 67,52 poin.

"Otomatis, Riau melebihi indeks kebahagiaan tingkat nasional. Artinya orang Riau cukup bahagia, jika dilihat dari tingkat nasional dan Pulau Sumatera," kata Gultom di Pekanbaru, Sabtu (9/9/2017).

Indeks kebahagiaan regional ini, menurut Gultom, banyak ditentukan oleh faktor yang dipengaruhi oleh situasi lingkungan seperti alam yang secara tidak langsung berkaitan dengan faktor hidup personal, yakni pekerjaan, pendapatan dan pendidikan.

"Meskipun tinggal di daerah terpencil, jika masyarakat di sana merasa hidupnya nyaman, maka akan memiliki indeks kebahagiaan yang tinggi," tandasnya.(MC Riau/rat)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...
Post

Penggunaan BOS di sekolah

2 tahun yang lalu