Surau TV

Banner

Irigasi Tidak Berjalan, Petani Padi Rohul Terancam Kehilangan Lahan

Image
Monday, 22 February 2016 | 07:19:08 WIB


Rokan Hulu- Petani Di Rokan Hulu yang berada di Bendungan Aek Parlakkitangan di Desa Menaming, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), akan terancam tidak bisa menanam benih padi di akibatkan tidak berfungsinya bendungan, ada sekitar 7 KM irigasi untuk mengairi puluhan hektar sawah yang tidak berfungsi.

Ketua Kelompok Tani juga ikut turun langsung  ke lokasi persawahan masyarakat, melihat kondisi saluran irigasi yang tak layak lagi.  akibat rusaknya bendungan tersebut sehingga sekitar 70 hektar sawah tidak dapat dilalui air, antara lain Kelompok Tani (Koptan), Cendana, Ranah Makmur 1 dan Ranah Makmur 2.

Ketua Koptan Desa Menaming Sumitro Lubis mengatakan, “Kalau irigasi ini tidak berfungsi, secara otomatis lahan kami akan dialihfungsikan dengan tanaman kelapa sawit dan karet, karena kalau infrastruktur seperti ini, gimana padi mau bagus,” ujar Sumitro Lubis.

Terlihat di sekitar irigasi tersebut, selain rusak parah juga rerumputan sudah menjalar dan mengusai bangunan-bangun irigasi, bahkan tak jarang sebagiannya sudah ada yang bolong dan roboh, tidak itu saja beberapa titik sudah ada yang longsor. (fr/rls)      

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...