Surau TV

Banner

Air Sungai Nilo Meluap, Akses Transportasi Terputus

Image
Friday, 20 November 2015 | 08:05:18 WIB


PELALAWAN -  Intensitas curah hujan yang kian meninggi dan mengguyur sejumlah wilayah dikabupaten Pelalawan sejak Rabu (18/11) sore lalu hingga Kamis (19/11) dini hari kemarin, telah menyebabkan meluapnya debit air disungai Nilo khususnya di Desa Lubuk kembang Bunga kecamatan Ukui.

Akibatnya, dampak meluapnya air sungai tersebut dengan ketinggian debit air 1 meter, telah membuat ruas badan jalan digenangi air, sehingga menyebabkan akses transportasi darat didesa tersebut terputus. Dan bahkan, luapan air sungai tersebut juga telah merendam halaman puluhan rumah warga yang mayoritas adalah rumah panggung. 

" Ya, curah hujan yang telah terjadi sejak Rabu (18/11) sore lalu hingga Kamis (19/11) dini hari kemarin, telah menyebabkan ruas jalan di Desa Lubuk Kembang Bunga tidak bisa dilalui (terputus,red), selain menggunakan transportasi air (sampan,red). Sedangkan saat ini, debit air yang telah merendam badan jalan diperkirakan sekitar 1 meter," ujar Camat Ukui Basyaruddin SSOs, Kamis (19/11) kemarin via selulernya seraya menyebutkan musibah bencana banjir merupakan musibah rutinitas tahunan yang dialami warga di Desa Lubuk Kembang Bunga.

Diungkapkan Basyaruddin, bahwa meski saat ini air sudah merendam dan menggenangi ruas badan jalan, namun kondisi banjir tidak sampai merendam rumah warga.

Pasalnya, warga yang telah terbiasa mengalami bencana tahunan ini, telah terlebih dahulu melakukan antisipasi dengan membuat rumah panggung dengan ketinggian 3 hingga 5 meter dari ketinggian air sungai nilo.

" Sejauh ini, saya belum ada mendapat laporan adanya rumah warga yang telah direndam banjir, karena warga telah mengantisipasi terlebih dahulu dengan membuat rumah panggung. Tapi, kalau air menggenangi halaman rumah warga, memang sudah banyak. Ya, setidaknya sudah ada puluhan kepala keluarga (KK) yang halaman rumahnya digenangi air," sebutnya seraya menyebutkan sejauh ini belum ada warga yang mengungsi.(fr/rls)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...